[Review] Winson Vanquish Balmoral Boots

Dua minggu yang lalu, saya baru saja mendapatkan sepasang boots dari Winson yang saya pesan pada bulan Februari lalu. “Tapi Adam, kenapa memesan boots lagi? Bukannya ada Sagar--” ssshh… A man can never have enough boots!

Baiklah, mungkin dua pasang cukup jika modelnya tepat.

Model yang saya order dari Winson adalah tipe balmoral boots atau sepatu oxford yang mempunyai shaft tinggi. Model ini saya pilih karena saya mencari boots yang dapat dipakai secara formal (Jas, Batik, Blazer + odd trousers) dibanding model Sagara yang saya punya. Tentunya, tingkat formalitas sebuah sepatu dapat dilihat dari keseluruhan pola dan bentuk sepatu. Apakah modelnya derby atau oxford, apakah sepatu tersebut mempunyai broguing atau tidak, bagaimana bentuk last-nya.. dan lain-lain. Topik tingkat formalitas sepatu akan saya simpan dulu dan dikeluarkan di lain waktu karena saya akan fokus ke ulasan terhadap boots dari Winson.

Winson sendiri merupakan shoemaker yang mempunyai fokus ke dress shoes jika dibandingkan pemain-pemain lain seperti Sagara dan Junkard yang mempunyai fokus ke work boots. Winson juga baru saja meluncurkan flagship line mereka yaitu Grandeur pada akhir Mei silam. Dengan Grandeur, Winson menawarkan sepatu yang memiliki tingkat keterampilan dan finishing yang lebih tinggi dari produk reguler mereka. Detil-detil seperti custom pattern, fiddleback waist, dan blind welt yang ditawarkan Grandeur lebih sering ditemukan di high-end dress shoes (bahkan sampai tingkat bespoke!).

Sebagai informasi, sepatu yang saya pesan merupakan produk dari lini Grandeur mereka… Mungkin lebih tepat kalau dibilang pesanan saya adalah sample dari lini produk Grandeur karena saya memesan pada bulan Februari, jauh sebelum peluncuran resminya. Tentunya karena status pesanan saya masih sample, saya mendapat diskon yang cukup melegakan kondisi keuangan saya ☺

Baiklah, mari kita mulai ulasan sepatu ini dengan spesifikasi pesanan saya:

  • Artikel: Vanquish Balmoral Boots
  • Pola dasar: Quarter Brogue Oxford
  • Last: Kirin (Pointed Toe)
  • Ukuran: 39
  • Kulit upper: Crust Leather dengan Dark Brown museum finishing
  • Konstruksi: Handwelted dengan blind welt dan fiddleback waist
  • Sol: Vibram rubber + Metal toe taps + Brass initials A dan R
  • Edge trim: Antique Dark Brown

Pemesanan/Komunikasi

Pertama-tama saya ingin mengacungkan dua jempol (heck, you can even take my toe thumbs!!!) kepada Mas Emil dari Winson untuk poin komunikasi. Saya cukup bawel pada saat pemesanan di mana saya banyak bertanya soal ini itu, tapi Mas Emil menjawabnya dengan sabar dan sangat detil. Mas Emil juga seringkali update progress dengan mengirim foto dan menjelaskan detil-detil proses yang dikerjakan. Berkomunikasi dengan Mas Emil rasanya seperti berbincang-bincang dengan seorang teman yang sangat passionate akan apa yang dia tekuni: meyakinkan.

Saya mulai menghubungi Mas Emil sekitar bulan Februari 2017, pada saat itu saya mengkomunikasikan kebutuhan saya dan bertanya-tanya soal spesifikasi yang diberikan oleh mereka. Saya kemudian mengkonfirmasikan dan membayar pemesanan saya pada tanggal 18 Februari 2017 dan sepatu saya tiba pada tanggal 15 Juni 2017. Mas Emil saat itu mengestimasi bahwa pemesanan saya kurang lebih akan memakan waktu 2 bulan tetapi karena ada kejadian yang cukup fatal terhadap sepatu saya, maka total waktu menjadi 4 bulan.

Pada awalnya, sepatu saya sudah selesai pada akhir April 2017. Namun pada proses unlasting, ada kulit upper yang robek. Mas Emil kemudian menawarkan untuk membuat ulang dari awal dan mengirim sepatu yang cacat ini sebagai sepatu uji coba fitting.

Saya ulangi lagi: Membuat. Ulang. Dari. Awal. Bahkan dengan prioritas tinggi!

Tentunya ada rasa kecewa karena sepatu saya jadi cacat seperti ini, tetapi melihat solusi yang Mas Emil tawarkan dan komunikasi yang baik selama pemesanan, saya bisa mentoleransi dan mengerti kejadian ini. Salut untuk Mas Emil yang tidak ingin mengecewakan pelanggannya dan selalu menawarkan yang terbaik dari Winson. Kurang lebih satu bulan kemudian, sepatu saya sudah sampai dengan selamat di rumah saya.

Kualitas

Winson Grandeur menawarkan custom pattern di mana pemesan dapat mengkustomisasi pola sesuai keinginan. Saya sendiri memesan Vanquish Balmoral Boot dengan pola quarter brogue. Pada dasarnya, model sepatu oxford/balmoral cap toe berwarna gelap mempunyai tingkat formalitas yang cukup tinggi. Maka dari itu, agar tidak terlalu formal dan juga untuk menambah karakter, saya memutuskan untuk menambah dekorasi atau broguing di bagian vamp dan cap toe.
Winson berhasil mengeksekusi pola yang saya inginkan dengan baik. Pola yang dihasilkan sangatlah proporsional terhadap last Kirin.

Profil samping

Sexy shape

Outsole

Kulit upper yang digunakan adalah jenis crust leather. Crust leather sendiri adalah kulit yang disamak dengan bahan kimia (chrome-tanned) dan belum difinishing dan diwarnai, sehingga nantinya produsen sepatu dapat memberikan warna atau finishing sendiri sesuai kreasi mereka. Hal ini yang memungkinkan Winson memberikan patina atau museum effect ke produk akhir. Karakteristik kulitnya sendiri sangatlah lembut, walaupun agak grainy jika dilihat dari dekat.

Museum effect finishing. Di bawah matahari, terlihat variasi warna merah.

Jahitan di upper sangatlah rapi dan rapat. Detil yang menarik adalah seamless heel, di mana tidak ada jahitan untuk menahan bagian belakang sepatu. Teknik ini biasa dilakukan di sepatu-sepatu high-end.

Seamless heel

Perihal konstruksi, jahitannya juga sangat rapat dan rapi. Detil blind welt cukup rapi, dan juga fiddleback waist yang tidak terlalu tajam tapi enak dilihat. Karena saya cukup banyak jalan kaki untuk commuting, saya memilih untuk menambahkan karet Vibram di bagian sol-nya agar tidak licin dan lebih tahan lama. Saya sangat menyukai eksekusi penambahan karet yang mengikuti pola fiddleback waist.

Jahitan konstruksi yang rapat dan rapi

Fiddleback waist + Brass initials

Blind welt

Keseluruhan outsole

Selanjutnya, saya akan membahas beberapa kekurangan atau ketidaksempurnaan dari sepatu ini. Secara umum, tidak ada ketidaksempurnaan yang fatal sehingga merusak estetika sepatu.

Yang pertama adalah ada kulit yg bergelombang di bagian heel sepatu. Hal ini disebabkan oleh teknik lasting seamless heel yang mungkin belum sempurna. Selanjutnya sesuai dengan gambar di bawah, ada beberapa broguing yang tidak sempurna.

Di dekat tumit, terlihat bahwa kulit sedikit bergelombang

Robekan minor di broguing

Robekan minor di bagian serration


Fit

Pada saat pemesanan, saya memberikan Winson ukuran cetakan kaki saya (panduan diambil dari Sagara) dan diputuskan oleh Mas Emil bahwa sepatu saya akan berukuran 39. Pada saat pemakaian perdana, sepatu saya terasa nyaman tanpa tekanan di titik-titik tertentu. Kalau kata orang asing “It fits like a glove.” Pada saat berjalan juga sangat nyaman.

Hal yang saya suka adalah sepatu ini cukup ringan jika dibandingkan dengan Sagara, jadi lebih enak dipakai untuk waktu yang lama.

Celana abu-abu tua untuk acara formal

Terlihat menarik dengan denim gelap

Maafkan celana katun saya yang kusut..

Layanan Purna Jual

Untuk bagian ini, saya belum bisa berkomentar banyak karena sejauh ini saya belum (semoga tidak) mempunyai masalah dengan sepatu saya. Namun saya percaya bahwa layanan purna jual dari Winson akan memuaskan jika mengingat komunikasi dan tanggung jawab yang diberikan oleh Mas Emil atas sepatu saya yang cacat.

Kesimpulan

Saya cukup kagum dengan kualitas jasa dan produk yang Winson tawarkan melalui lini Grandeur ini. Mulai dari pemesanan dan komunikasi yang sangat jelas dan mendetil, penanganan masalah yang solutif, hingga hasil akhir yang memuaskan walaupun terdapat kekurangan minor.

Akhir kata, saya harus mengakui bahwa harga yang saya keluarkan cukup mahal (sedikit lebih mahal dari lini produk reguler Sagara), tetapi semua itu sepadan dengan hasil yang saya dapatkan. Semoga ke depannya Winson bisa terus berkembang dan memberikan kualitas yang terbaik bagi pelanggan mereka. 

Bagi pembaca yang tertarik kepada Winson, anda bisa mengunjungi Instagram mereka di @winsonshoe dan mengontak winson.indonesia@yahoo.com untuk bertanya-tanya dan memesan.


Salam,
~Adam R~

Komentar

  1. Halo Bicara Sepatu/mas Adam, boleh tau di Winson untuk MTO model gini di kisaran berapa ya biayanya?

    Minat model mereka yg Journey.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Alfonsus, waktu itu untuk lini Grandeur saya membayar sekitar 2.3jt dari 2.8jt karena ada diskon sampling

      Untuk model Journey yang reguler (non-Grandeur) seingat saya mulai dr 1.9jt.. tp mungkin bs dikonfirmasi ulang ke pihak Winson soal harga.

      Mas Emil sendiri memberikan informasi yang sangat jelas, jd jangan sungkan2 untuk menghubungi mereka.

      Semoga membantu!

      Hapus
    2. Ok mas Emil terima kasih infonya ya.
      Kalau untuk MTO/RTW di area Jakarta apa ada referensi selain Sagara, mas?
      Keliatannya budget agak mepet untuk Sagara. hehe.

      Vissure ada pernah punya mas?

      Terima kasih.

      Hapus
    3. Di Jakarta agak susah ya kalo RTW, paling Vissure itu yang mas sebutkan. Sayangnya saya belum pernah melihat dan memegang Vissure secara langsung jadi belum bisa komentar.

      Di link ini http://www.darahkubiru.com/forum/viewtopic.php?t=27575 ada yang sudah review Vissure, mungkin bisa dijadikan referensi.

      Soal MTO dengan budget yang agak terbatas, saya menyarankan mas Alfonsus untuk menghubungi Junkard Company. Kalau tidak salah harga boots mereka mulai dari kisaran 1.5-1.7jt

      Hapus
    4. Ok mas Adam, terima kasih infonya.

      Hapus
  2. Halo om Adam.. Boleh tw ukuran kaki yg dikirim ke Winson shoes, sehingga om Emilnya putuskan size sepatunya size 39..?

    Terima ksih seblumnya om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran panjang kaki saya kurang lebih 25cm mas. Waktu itu juga ada lebar kaki tapi saya lupa berapa ukuran pasnya. Kalau belum yakin bisa kontak Mas Emil langsung soal sizing, ybs akan sangat senang untuk membantu.

      Hapus
  3. Selamat Sore , Ijin Post Yahh
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer